Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama Surabaya memberikan pelatihan AR dan VR untuk siswa SMK Negeri 4 Surabaya Tanggal 9 Pebruari 2019. Sebagai pemateri adalah Mahasiswa Teknik Informatika diantaranya Sancaka Prana Wisesa (Pemateri I) dan Aditya Singgi Prayogi (Pemateri 2) serta dibantu oleh Mahasiswa mahasiswi Teknik Informatika.

Acara dibuka oleh Bapak Aryo Nugroho, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama Surabaya yang didampingi oleh Bapak Tresna Maulana Fahrudin Dosen Teknik Informatika yang sekaligus penggagas dalam acara workshop ini. 

Workshop dimulai dengan memperkenalkan apa itu AR dan VR seperti berikut :

 

Perangkat kacamata VR Box 3D Glass yang digunakan untuk praktek Virtual Reality, sedangkan print out objek gambar “Barbarian” sebagai image target untuk praktek Augmented Reality.

Siswa dan siswi SMK Negeri 4 Surabaya mencoba kacamata VR untuk melihat ruangan dalam suatu bangunan rumah yang terdiri dari beberapa lantai  yang sudah didesain oleh Sancaka Prana Wisesa, Mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Universitas Narotama.

 

Siswa SMK Negeri 4 Surabaya mempraktekkan Augmented Reality dimana pada tahap persiapannya menggunakan lisensi vuforia dan database image target ke Unity3D.

Terlihat salah satu siswa SMK Negeri 4 Surabaya sedang mempraktekkan Image Target berupa objek ‘Barbarian’ pada kertas print out melalui smartphone android, sehingga muncul objek yang diinginkan.

Setelah seharian belajar, sesi penutupan dan dilakukan foto bersama.

Semoga workshop ini berguna untuk anak anak SMK Negeri 4 dan bisa dilanjutkan dengan level yang lebih tinggi, Amin.

Terimakasih Kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya workshop ini.

 

Ka.Prodi Teknik Informatika

Made Kamisutara